-->

Tips Menggila Travelling Ke Laos: Sekilas Negara, Perencanaan, Biaya Buget, Sampai Perlengkapan

Label

Monday 25 February 2019

Tips Menggila Travelling Ke Laos: Sekilas Negara, Perencanaan, Biaya Buget, Sampai Perlengkapan

Banyak sekali traveller dari Indonesia yang ingin melaksanakan trip perjalanan ke Laos butuh pengalaman dari rekan yang sudah pernah jalan-jalan ke Laos bahkan melaksanakan perjalanan backpacker dimulai ke Luang Prabang menjadi sebuah petunjuk pertama dikala tetapkan ke negara ini untuk menghabiskan masa liburan. Liburan ke Laos dengan paket wisata yang ditawarkan disana cukup masih terjangkau diikuti dengan pos lain menyerupai harga masakan di Laos, serta biaya hidup di Laos yang sangat reasonable untuk menjadi destinasi wisata yang dapat anda pertimbangkan.

Poto oleh: wildernesstravel.com

Laos yang terletak diantara negara Vietnam dan Thailand ini termasuk di jantung negara Indochina sebagai lokasi yang mempunyai segudang oasis yang  belum banyak orang mengetahuinya. Keindahan alam dimulai dari jeram hingga ke budaya yang tercermin di museum yang anda di sentra kota Vientigua Laos ini mempersembahkan panorama yang sangat indah bahkan belum anda lihat sebelumnya. Mungkin selama ini anda banyak membaca bahkan mendengar pengalaman backpacker ke Thailand yang mempunyai pemandangan yang sangat indah, ternyata ada beberapa spot yang paling indah dari negara Thailand terletak di daratan negara Laos. Sudah niscaya dengan adanya spot terbaik ini menjadi angin nirwana bagi anda untuk mencoba travelling ke negara Laos untuk persiapan cuti liburan di ekspresi dominan diberikutnya.



SEKILAS INFORMASI PENTING NEGARA LAOS.
Mata uang Laos yaitu Kip "₭" degan rate 1 Kip setara dengan IDR 1,72 Kip.  Sebaiknya anda menukarkan mata uang Laos dikala berada di Bandara saja alasannya kalau dibawa kembali dan ditukarkan ke Indonesia kurang laris bahkan harganya sangat murah kalau mau ditukarkan. Jika perlu anda menukarkan sesuai kebutuhan saja dan membawa USD untuk travelling kesana sangat direkomendasikan.

Untuk tetap dapat mengisi baterai seluruh jenis gadget dan barang elktronik sebaiknya anda membawa adaptor universal yang competibel untuk segala jenis bentuk colokan listrik yang ada di negara tujuan termasuk Laos.

Untuk negara ASEAN tidak membutuhkan Visa alias bebas Visa dengan masa berlaku 30 hari. Kaprikornus traveller dari Indonesia spesialuntuk butuh paspor hijau saja sebagai akurat mutlak untuk masuk ke negara Laos.

Selama melaksanakan travelling ke Laos masih dalam kategori negara yang cukup kondusif dan penduduk lokal yang sangat ramah menyerupai dengan Indonesia. Tetapi anda juga perlu awas terhadap seluruh barang bawaan yang selalu dalam pengamatan terutama dokumen penting dan uang sebagai hal yang sangat mutlak diawasi dikala travelling atau dikala berada di dalam penginapan. Apabila anda meninggalkan barang berharga di tempat penginapan sebaiknya disimpan di safe deposit box, dan untuk rental kendaraan dikunci dengan lengkap supaya terhindar dari pencurian.

Ada beberapa spot yang ada di Laos yang masih ada tersisa peninggalan bekas perang Indochina yang masih dapat saja meledak dan pastikan anda tetap awas dengan kondisi ini. Mungkin ada beberapa traveller yang akan melaksanakan jelajah tempat perlu memahami kondisi ini sehingga perjalanan anda tetap nyaman tanpa ada kecemasan. Treking yang menjadi perhatian khusus yaitu di mana tempat yang masih belum ada tersentuk dengan aktifitas penduduk lokal sehingga waspada dengan benda bekas perang ini dapat saja berada di sekitar lokasi ini.

Khusus bagi traveller Indonesia yang akan melaksanakan eksplor tempat alam yang ada di Laos ini sebaiknya dilengkapi dengan travel insurance untuk mempersembahkan kenyamanan selama travelling dengan dukungan terhadap jenis perjalanan yang akan anda lakukan di dunia alam liar di Laos.

Bahasa yang digunakan oleh penduduk lokal Laos yaitu Laotion sebagai bahasa resmi penduduk Laos. Secara sekilas mendengar menyerupai dengan bahasa Thailand. Apabila anda dapat berbahasa Thailand dapat juga dimengerti oleh penduduk lokal disana. Untuk bahasa Inggris tidak terlalu banyak penduduk lokal dapat dan mengerti secara total. 

Transportasi selama berkunjung disana memang hampir sama dengan negara Cambodia dimana memakai tuk-tuk sebagai transportasi yang sangat disenangi oleh para turis alasannya harga yang sangat terjankau. Ada aplikasi dan web yang dapat memmenolong anda dikala melaksanakan travelling disana menyerupai 12Go dan Skyscanner sebagi solusi terbaik yang banyak di rekomendasikan oleh para traveller dunia. 

PERENCANAAN PERJALANAN LAOS.
Banyak sekali para traveller yang melaksanakan perjalanan atau backpacker ke Luang Prabang menuju ke Laos di bulan November hingga Januari dikarenakan cuaca cukup berteman erat cenedrung sejuk. Tetapi, di pecahan utara Laos suhu udara cenderyng hambar di dikala malam hari terkadang sangat hambar sekali.

Bahkan planning perjalanan sebaiknya tidak pada bulan Maret dan April alasannya masa ekspresi dominan gerah terlihat banyak lahan terbakar dan suasana kota menjadi lebih lembab dan berasap. Musim hambar di Laos berlangsung sekitar bulan Oktober hingga dengan bulan Februari. Musim gerah berkisar di bulan Maret, April, hingga bulan Mei sebagai bulan yang sangat gerah. Musim hujan sudah dimulai selesai Mei hingga Juni.

Banyak traveller yang merencanakan perjalanan sudah dimulai pada bulan Mei hingga bulan September. Jika anda melaksanakan perjalanan di ekspresi dominan hujan pastikan perlengkapan komplemen menyerupai jas hujan dan payung sudah mulai dipersiapkan. Walaupun waktu hujan pada musimnya tidak dapat diprediksi kapan tiruana persiapan harus sudah ada dikala anda berada di negara Laos.

PREDIKSI BUDGET PERJALANAN LIBURAN LAOS.
Prediksi budget yang akan menjadi atensi oleh seluruh traveller menjadi perhatian. Karena persiapan budget atau biaya yang selama ini dihabiskan dikala berlangsungnya liburan di Laos sebagai diberikut:

Biaya hidup per hari dimulai dari US$15 - US$20 {sekitar Rp 200rb - Rp 300rb}. Biaya ini agak sedikit lebih nyaman dari backpacker untuk mempersembahkan pengaruh nyaman. Untuk anda yang menentukan bintang 4 atau 5 tentu mempunyai rate yang sangat tidak sama, untuk makan saja per hari dapat menghabiskan budget sekitar US$25-US$35. Jika anda naikan harganya sedikit lagi dapat mendapat jasa tour guide untuk mengelilingi pemandangan kota. 

Rincian Biaya Akomodasi di Laos.
Penginapan: 
Dorm atau asrama US$5-US$7 untuk kamar US$7-US$15 per malam.
Hotel berbintang: dimulai dari harga US$20-US$40 per malam
Hotel mewah: dimulai dari harga US$50 ++

Rincian Biaya Makan di Laos.
Budget biaya makan untuk per orang dengan masakan seporsi.
Street Food: harga dimulai dari US$1-US$4 {harga akan menjadi tidak sama di lokasi sentra wisata yang banyak turis. Sebaiknya anda mencari makan di pasar tradisional mendapat harga yang lebih kompetitif.

Rincian Biaya Transportasi di Laos.
Saat anda melaksanakan perpindahan atau penerapan transportasi selama berada di Laos akan menjadi perhatikan.
Tuk-tuk sebagai transportasi yang banyak digunakan oleh traveller untuk melaksanakan perjalanan harga dimulai dari US$3-US$5 tergantung dari jarak yang akan ditempuh.
Untuk sewa sepeda motor per hari harga dimulai dari US$8-US$10.
Menggunakan bus di sentra kota dan melaksanakan perpindahan antar kota dengan usang perjalanan dimulai dari 5-10 jam harga dimulai dari US$6-US$22.

PERLENGKAPAN SELAMA DI LAOS.
Perlengkapan barang yang akan dibawa selama anda di Laos tentu diubahsuaikan dengan ekspresi dominan yang akan hadir disana. Membawa pakaian yang lazim dibawa ya baju kaos, jeans, sepatu, hingga perlengkapan komplemen lainnya diubahsuaikan dengan jenis kelabuin. Pria dan perempuan tentu ada perlengkapan yang akan dibawa tidak sama dari jenis dan jumlah akan tidak sama pula. Pastikan seluruh barang bawaan ini memang diharapkan disana tidakboleh bawa perlengkapan yang tidak diharapkan akan mempersembahkan pengaruh berat dari backpack yang akan anda sandang dikala travelling nanti.

Baca juga:
Makanan Khas Lezat Populer Di Laos