-->

Keindahan Kepulauan Raja Ampat

Label

Sunday 21 August 2016

Keindahan Kepulauan Raja Ampat

Explore Keindahan Alam Indonesia



Indonesia menyimpan berbagai keindahan alam yang tiada duanya, dan satu lagi tempat wisata yang menjadi salah satu diantara ratusan yang terbaik dan bisa menjadi referensi sebagai tempat wisata pilihan, sebut saja Raja ampat. Raja ampat adalah serangkaian empat dari gugusan pulau pulau yang diantaranya yaitu pulau Misool, Pulau Salawati, Pulau Waigeo dan Pulau Batanta.

 Diantara keempat pulau pulau itu tempatnnya saling berdekatan Masuk di wilayah Kabupaten Raja ampat Provinsi Papua Barat. Yang lebih membanggakan lagi ini adalah destinasi terbaik di Indonesia yang digemari oleh penyelam dari mancanegara, karena di kepulauan raja ampat ini memiliki keindahan dan pemandangan bawah laut yang sangat menakjubkan. 

Mata pencaharian masyarakat raja ampat didominasi oleh kaum nelayan dan terdapat tradisi yang disebut "para-para pinang" maksudnya yaitu masyarakat sana mengobrol sambil makan pinang. Masyaratak Raja ampat terkenal ramah terhadap tamu yang datang apalagi kalau kesana membawa oleh oleh berupa pinang yang menjadi kesukaanya, mayoritas agama yang dipeluk oleh masyarakat raja ampat yaitu islam dan kristen.

 Mitos yang berkembang di masyarakat tentang Raja Ampat berawal dari seorang wanita yang menemukan berupa tujuh butir telur kemudian empat diantaranya menetas menjadi pangeran yang kemudian menjadi raja di empat pulau pulau yang berdekatan tadi sedangkan yang 3 butir menjadi hantu,wanita dan batu (aneh tapi nyata).

Akses menuju Raja Ampat

Untuk berwisata ke Raja Ampat memang membutuhkan tidak sedikit biaya dan tentunya memakan waktu yang lama, akan tetapi untuk sampai ke sana tidaklah sulit. Karena sudah banyak promo jasa penerbangan yang menuju ke Kota Sorong. Lalu dari kota Sorong naik angkutan umum jurusan menuju pelabuhan dan membeli tiket ke kawasan raja ampat. Untuk biaya dari sorong ke raja ampat 120k per orang dan lama perjalanan sekitar 2jam. Dari pelabuhan Sorong menggunakan kapal rakyat yang berlayar setiap jam 14.00 WIT.

Keindahan yang ditawarkan di Raja Amapat

Untuk menjelajah di kawasan Raja Ampat harus menyewa boat,dan untuk sewa boat lumayan mahal antara 8-20 juta. Jadi untuk menekan biaya usahakan berkelompok dengan wistawan lain sehingga bisa patungan dan dapat menekan biaya. Waktu yang pas untuk berwisata di Raja ampat mulai pagi sampai petang karena bisa menjajaki ke pulau pulau. Gugusan pulau pulau kecil yang mempesona juga akan disuguhkan dan flora fauna endemmik seperti burung Cendrawasih,maleo waigeo, kakat tua, nuri, kukus waigeo serta berbagai macam jenis bunga anggrek.Untuk spesies laut yang dijumpai saat menyelam yaitu kuda laut, wobbedong, berbagai macam jenis ikan, penyu, ikan duyung.