-->

Air Terjun Madakaripura

Label

Monday 8 August 2016

Air Terjun Madakaripura

Explore Keindahan Alam Indonesia

Pesona air terjun Madakaripura seolah tenggelam akan kemajuan jaman, selain jarak tempuh yang jauh dan buruknya infrastruktur menuju kawasan air terjun ini. Akan tetapi keindahan air terjun madakaripura ini tak kalah menakjubkan dibandingkan air terjun yang lain, menurut penduduk setempat Madakaripura berarti tempat terakhir yang konon Patih Gajah Mada menghabiskan akhir hidupnya dengan bersemedi di lokasi air terjun, tepatnya di sebuah goa di air terjun utama tersebut. Cerita ini didukung adanya patung atau arca Gajah Mada di area parkir madakaripura.

Air terjun madakaripura masuk di kawasan Taman nasional Bromo tengger Semeru, yang memiliki ketinggian kurang lebih 200m yang berbentuk ceruk dan dikelilingi tebing  tebing tinggi. Yang membuat air terjun ini terlihat indah karena disetiap  tetes air terjun membentuk tirai pada seluruh bidang tebingnya. Layaknya sedang hujan, ada sekitar 5 terjunan di lokasi ini dan air terjun utama berada di ujung sebuah ruang berbentuk lingkaran diameter sekitar 25m dan di balik air terjun utama terdapat goa yang katanya dulu dibuat semedi Patih Gajah Mada. Akan tetapi untuk mencapai area itu sangat sulit karena harus melewati kolam air seluas 25 m2 tepat di bawah air terjun tersebut, selain itu kedalaman kolam ini sekitar 7m dan arus airnya sangat deras.




Lokasi =>
Terletak di desa sapeh kecamatan lumbang kab.Probolinggo jawa timur

Rute =>
Dari Kota Probolinggo menuju ke desa sukapura setelah itu menemui pertigaan yang terdapat plang besar, jika ke kiri ke arah wisata Gunung Bromo dan yang ke kanan ke Air terjun Madakaripura. Dari pertigaan ke arah madakaripura sekitar 4km dan sampai ketemu area parkir air terjun dan disambut patung patih gajah mada. Setelah sampai di tempat parkir berjalan kaki kurang lebih 1km melewati jalan setapak dan menyebrang sungai . Usahakan kalau berwisata kesana jangan pada saat musim penghujan dikarenakan terjadi banjir di kawasan lokasi.