-->

Pantai Keren di Banyuwangi

Label

Tuesday 9 August 2016

Pantai Keren di Banyuwangi

1. Pulau Tabuhan





Pulau Tabuhan terletak di 20Km dari pusat kota Banyuwangi lebih tepatnya di desa Bangsring kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur. Pulau tabuhan ini tak berpenghuni dan berada di tengah selat Bali.  Pulau Tabuhan memiliki luas kurang lebih 5 hektar dan keindahan alamnya  juga  bagus dengan ciri khas air bening dan pasir putih di sepanjang pantai. Asal mula dinamakan Pulau Tabuhan karena di lokasi pantai angin yang bertiup sayup-sayup dan terdengar seperti tabuhan musik.

Pemerintah kabupaten Banyuwangi pada tahun 2014 mempromosikan pantai Tabuhan dengan menggelar event banyuwangi Summer kitersurf Camp even tersebut di ikuti  peselancar amatir maupun Pro yang di ikuti beberapa negara. Selain itu Pulau Tabuhan adalah tempat yang cocok bagi wisatawan yang suka bersnorkeling karena dikawasan pulau tabuhan ini memiliki terumbu karang dan ikan berwarna warni.

2. Teluk Biru

Banyuwangi memang memiliki banyak keindahan pantainya salah satunya Teluk Biru, Teluk biru ada Teluk Selanggrong masuk kawasan Taman Nasional alas purwo di Muncar kabupaten Banyuwangi Jawa Timur atau lebih tepatnya di semenanjung Sembulungan. Teluk Banyu biru sangat pas untuk bersnorkling karena lautnya masi alami dan asri kemudian banyak terumbu karang dan ikan yang berwarna warni selain itu warna airnya biru bersih.

Untuk akses darat menuju Teluk Biru belum ada jadi untuk menuju Teluk Biru harus melalui jalur laut dan menyewa perahu atau boat. Harga sewa perahu atau boat sekitar 300k sampai 500k, Usahakan untuk berwisata di teluk biru pada pagi hari atau siang hari karena kalau sore hari nelayan tidak mau mengantar kesana karena ombak yang terlalu besar, lama perjalanan keteluk Biru kurang lebih 2 jam dari Muncar. Selain keindahan laut untuk bersnorkling  Teluk biru juga bagus pemandangan sunrisenya.

3. Pantai Wedi Ireng

 Pantai Wedi Ireng tergolong tempat wisata baru di Banyuwangi dan mungkin masih banyak khalayak yang belum mengetahui, Pantai wedi ireng hampir  mirip dengan pantai sempu yang ada di Malang jikalau pantai sempu dikelilingi oleh lembah akan tetapi pantai wedi ireng dikelilingi pulau pulau nah itulah perbedaanya. Dinamakan pantai wedi ireng karena pasir putih di pantainya bercampur pasir hitam meskipun yang dominan pasir putih.

Selain banyak pepohonan yang tumbuh lebah di kawasan pantai wedi ireng disini terdapat banyaknya batu karang. Air lautnya berwarna biru dan masi terjaga kebersihanya karena kawasan wisata ini masi sepi pengunjung dan hati-hati jika menjelang sore karena ombaknya cukup besar. Di pantai wedi ireng cocok untuk snorklingnya dan melihat indahnya sunset maupun sunrise.



Rute menuju pantai wedi ireng sangat mudah dan searah dengan pantai pulau merah jika ke pulau merah di pertigaan lurus untuk ke pantai wedi ireng belok kanan sampai ujung jalan. Setelah itu ada tempat parkir dan berjalan sejauh 1km dikawasan hutan, jika tidak ingin berjalan juga bisa naik kapal nelayan  biayanya sekitar 50 ribu per orang pulang pergi.

4. Pantai Mustika

 Asal mula nama pantai mustika berawal kedatangan nyai roro kidul yang datang di pantai ini dan ketika mau pulang mustika yang dipakainya tertinggal di pantai ini, dan pada suatu hari ada seseorang yang menemukan mustika lalu sadar jika mustika itu milik nyai roro kidul lalu dia membuang mustika itu ke laut dan berharap bisa kembali ke pemiliknya nah itu adalah asal mula dinamakan pantai mustika.

Pantai Mustika berada diantara pulau merah dan pantai pancer atau lebih tepatnya 2Km sebelah barat pulau merah. Keistimewaan pantai mustika yaitu pantainya yang masi alami dan bersih dan panjang pantainya mencapai 2km membentuk sebuah setengah lingkaran ditengahnya ada pulau mustika. Ombak di kawasan pantai mustika tidak terlalu besar dan cukup aman buat wisatawan yang bermain air di pantai  akan tetapi tetap berhati hati dan waspada, di sekitar pantai banyak tumbuh tanaman pohon kelapa yang menambah rindang suasana pantai dan dilengkapi meja kursi untuk memanjakan pengunjung yang santai dan menikmati indahnya sunrise.