Sebenarnya motor bekas sudah mulai dilirik untuk dibeli alasannya yakni harganya masih sanggup di nego bahkan pilihan cukup banyak. Kebutuhan motor bekas ini memang sudah menjadi fenomenal di seluruh penduduk alasannya yakni kebutuhan transportasi biaya yang cukup murah meriah memang harus mempunyai motor sebagai solusi terbaik. Banyak sekali pengalaman dari saudara bahkan mitra yang tertipu ketika membeli motor bekas menjadi pengalaman berharga bagi anda yang ingin mendapat kendaraan ini untuk acara sehari-hari. Tentu, untuk meningkatkan performance bahkan bentuk tentu penjual akan berusaha mempersembahkan solusi untuk memperbaiki hingga memoles motor bekas tetap bagus diharapkan harga yang akan di jual tetap menjadi tinggi. Namanya juga pedagang memang harus ada perjuangan tetapi anda sebagai konsumen harus ekstra hati-hati supaya tidak terpedaya dengan penampilan yang sangat kinclong tetapi anda masuk dalam lingkup tertipu bahkan dikecoh sama penjual.
Poto oleh: otomania.gridoto.com |
Plesirankotatua ingin membagi sharing pengalaman ketika anda menghadapi situasi dan kondisi membeli motor bekas baik di showroom, eksklusif ke pemilik kendaraan, hingga berasal dari iklan yang di sanggup pada media sosial. Saran dan tips ini sudah menjadi pengalaman dan sanggup menjadi guru yang baik bagi anda supaya mendapat motor bekar berkarakter dan tidak tertipu dari penjual yang badung. Berikut tips simpel dan praktis yang sanggup anda pahami.
1. Beli Jenis Motor Apa?
Sebagai pembeli anda harus menentukan beli jenis motor apa yang akan dilirik apakah jenis bebek, sport, skuter matik, hingga motor gede. Pastikan juga menentukan tipe, tahun, dan pabrik yang menciptakannya sehingga pilihan anda menjadi mengerucut ke tujuan final motor bekas. Setiap tipe jenis dan merek mempunyai keunggulan masing-masing pastikan anda menentukan sesuai dengan kebutuhan yang akan digunakan di acara sehari-hari sehingga terbaik dalam pemakaian dan sesuai dengan budget yang sudah anda persiapkan. Selera dan budget menjadi penentu untuk menentukan jenis serta tipe motor bekas yang menjadi cita-cita.
2. Investigasi Harga Pasar Motor Pilihan.
Sebelum anda melangkah lebih jauh sudah kah anda melaksanakan pemeriksaan harga pasar motor yang akan dipilih. Cek harga kini ini sudah sangat gampang, lewat smartphone saja sudah sanggup dimulai alasannya yakni sudah banyak platform hingga penjual yang memasang iklan disana dan harga pasar ini sebagai cara untuk mempersiapkan taktik apa yang akan anda terapkan. Harga dan tahun pembuatan motor bekas ini bekerjasama garis lurus semakin renta tahunnya semakin murah pula harga pasarnya tergantung dari kondisi motor bekas itu sendiri. Sebaiknya anda melaksanakan monitoring harga pasar ini minimal tiga penjual supaya komparasi sanggup terlihat terang dengan deskripsi gosip yang diselipkan oleh penjual.
3. Pilih Penjual jujur Terpercaya.
Semua poin satu dan dua sudah anda dapatkan, saatnya menentukan penjual yang jujur terpercaya menjadi tahap diberikutnya. Jika anda mendapat penjual di dunia online pastikan platform yang mereka gunakan untuk menempatkan iklannya mempunyai track-record baik dari admin start-up yang menjadi pilihan penjual yang sanggup terlihat dari bintang yang didiberikan di toko mereka hingga komentar faktual dari pembeli yang sudah mendapat motor bekas lainnya dengan tipe dan jenis tertentu. Khusus yang mempunyai showroom pastikan rekomendasi dari rekan, sobat dekat, hingga konsumen lain mempersembahkan rekomendasi untuk membeli motor di showroom ini.
PENTING! untuk penjual di media online walaupun sudah mendapat reputasi baik oleh start-up platform kawasan toko mereka anda juga harus melaksanakan perbandingan atau penjajakan pertama yang cukup supaya kenyakinan pilihan sanggup anda pertimbangan dengan waktu yang cukup.
4. Dokumen Penting Kendaraan.
Unit motor yang anda inginkan seluruh surat dokumen penting kendaraan lengkap dan sesuai dengan kendaraan tersebut. Dokumen penting yang menjadi referensi yakni STNK dan BPKP. Dua jenis surat penting ini menjadi referensi penting dan gosip yang tercatat di dokumen ini harus terang dan pertanda motor bekas yang akan anda beli. Nomer rangka dan nomer mesin harus sama dilarang kurang atau lebih. Karena nomer yang tertera ini ialah kendaraan orisinil tidak barang curian dan lainnya. Untuk mempersembahkan kenyamanan tingkat tinggi anda sanggup melaksanakan pengecekan ke SMS center polisi terdekat apakah kendaraan ini terdaftar atau tidak.
5. Kondisi Masih Mulus Terlihat Terawat Baik.
Banyak pembeli menyebutnya susah gampang, memang secara kasat mata memang melihat secara eksklusif sudah terlihat membersihkan mulus dan terawat sudag cukup tetapi harus dipastikan tidak ada goresan, penyok, bahkan retak ketika melaksanakan pengecekan teliti. Saat melaksanakan tanya tanggapan ke pemilih motor bekas ini ketika perawatan pergi ke bengkel mana dan seterunya. Bertanya boleh tetapi tidakboleh menghakimi pembeli dengan sifat menyudutkan akan mempersembahkan kesan tidak baik.
Penting! melihat kondisi kendaraan memang harus ada keahlian cukup agat motor bekas ini tidak pernah terjadi tabrakan ataupun rusak parah. Jika diharapkan bawa mitra atau saudara untuk menemani anda ketika melaksanakan pengecekan kondisi motor dengan baik.
6. Cek Kondisi Oli.
Oli yakni formula yang sangat diperhatika untuk kendaran motor bekas. Pastikan pembeli pastikan harus meminta epilog oli motor untuk dibuka supaya anda sebagai pembeli sanggup melihat kondisi bagaimana keadaan oli pada ketika kendaraan tersebuu dikunjungi. Pastikan pengukur batas oli masih cukup tidak kurang dan lebih sehingga anda mengetahui oli yang berada di dalam mesin masih keadaan cukup serta anda juga sanggup melihat apakah epilog oli ini masih baik kondisinya tanpa ada keausan atau kerusakan.
7. Periksa Teliti Speedometer.
Untuk melihat keadaan orisinil dari speedometer harus dilihat dengan rinci dan teliti. Motor yang masih terawat sudah niscaya seluruh fungsi pada speedometer ini masih nyala dan mempersembahkan gosip yang cukupdi seluruh indikator yang ada di setiap sudut. Khusus pada motor gede sudah tentu niscaya mempersembahkan pgual lain yang harus dilihat yaitu tachometer dan teliti seluruh permukaan tidak ada kerusakan bahkan ada yang retak pelapis plastik yang membungkus angka atau petunjuk indikator penting.
Penting! angka yang tertera di speedometer pastikan anda mereview apakah angka tersebut masih masuk akal untuk tahun sepeda motor yang anda lihat inil. Apabila sepeda motor bekas ini umurnya sudah 2 tahun jikalau kilometernya sudah mencapai 30.000 berarti secara rata-rata saja untuk satu hari perjalanan motor ini sudah berjalan +/- 82 km {seperti itulah kira-kira logika yang sanggup digunakan untuk analisa angka kilometer yang sudah terbentuk di speedometer}. Intinya kewajaran angka motor bekas ini masih masuk kebijaksanaan dari beling mata matematikanya.
8. Mendengar Saat Mesin Motor Hidup.
Sesudah anda melaksanakan pemeriksaan dan mengecek seluruh tahap diatas maka saatnya anda mendengar bunyi mesin ketika motor sudah dihidupkan. Pelas tapi niscaya ketika dihidupkan ini ketika tidak ada penarikan gas bunyi mesin masih tetap halus dan tidak brisik pada ketika mesin dalam kondisi putaran mesin rendah. Akan terjadi ketidaknyamanan ketika mesin terjadi persoalan atau trouble saar rpm mesin dibawah 1500 rpm harus menjadi perhatian khusus.
9. Rasakan Saat Terjadi Transmisi Berpindah.
Sesudah mendengar bunyi mesin dan saatnya anda harus mencoba dan mencicipi terjadinya perpindahan transmisi ketika motor bekas ini berjalan. Saat transmisi 1 berpindah ke transmisi 2 masih dalam keadaan halus atau agak sedikit terasa keras. Jika terjadi ada rasa keras maka potensi untuk ganti kampas kopling sudah harus diganti. Apabila ada bunyi yang tidak nyaman pengganti gir depan belakang sebaiknya diganti komplit dengan rantainya. Untuk jenis dan tipe gir ini akan tidak sama untuk jenis dan tipe kendaraan yang akan anda beli nanti.
Penting! khusus untuk motor bekas matic tiruananya serba otomatis tentu anda sanggup mencicipi akselerasinya perpindahan ini masih dalam halus dan tidak ada rasa batuk-batuk atau tersendat-sendat.
10. Pastikan Tidak Ada Kebocoran.
Anda juga sanggup melaksanakan percobaan ketika motor bekas ini sudah dihidupkan dan mencicipi perpindahan transmisi. Berjalan sekitar 500 meter mencicipi perpindahan transmisi ini apakah masih dalam keadaan baik dan memdiberi rasa nyaman ketika berkendara. Sesudah anda melaksanakan perjalanan +/- 1 km berhenti dan menepi lihat apakan mesin mengalami kebocoran atau tidak. Termasuk oli dan radiator. Karena kedua poin ini bekerjasama eksklusif dengan mesin motor.
11. Pengecekan Rinci Arus Listrik Motor Bekas.
Saat anda sudah melaksanakan pengecekan beberapa tahap sebelumnya dan ditetapkan lengkap dan kondisi baik maka proses pemeriksaan lainnya melihat dan pengecekan kondisi arus listrik tetap berjalan dengan baik ibarat lampu penting pada motor menyala dengan baik. Jenis lampu yang penting utama yakni lampu sen, lampu belakang, lampu depan, lampu hazard, klakson, dan ketika menghidupkan motor dengan starter harus halus dan responsive. Apabla arus listrik tidak menyala dengan baik diindikasikan pengecekan sekering motor dalam kondisi tidak baik jikalau perlu diganti.
12. Motor Bekas Kondisi Baik Terhindar Kecelakaan Besar.
Pengecekan ini harus sangat teliti sekali, dilarang tergesa-gesa harus pelan tapi pasti. Teknik yang sangat praktis yakni ketika motor bekas ini bangkit dengan standar ganda di permukaan area yang datar. Lihat lah apakah roda belakang dan depan masih dalam posisi pada garis yang lurus sejajar dan tepat. Ada kesejajaran posisi antara roda, stang, dan bodi motor. Ini lah posisi tepat bagi motor bekas yang tidak mengalami kecelakan besar dan tidak ada proses pembengkokan.
Untuk pengetesan diberikutnya yakni ketika anda berjalan dengan kecepatan +/- 40 km/jam lakukan pengereman secara mendadak dan rasakan apakah motor masih sanggup dikendalikan dengan responsive atau tidak. Apabila anda mencicipi ada merasa kesusahan sudah dipastikan ada ketidakberesan dengan posisi sejajar antara roda, stang, dan bodi motor bekas ini. Pengecekan sebaiknya berulang supaya mendapat kenyakinan akan fenomena ini.
13. Lakukan Tes Riding Lebih Lama.
Sebaiknya anda sanggup riding test yang cukup usang supaya mempersembahkan kenyakinan yang cukup baik. Test lebih usang ini sanggup melihat secara keseluruhan keadaan motor bekas ini dan direkomendasikan supaya ada mitra yang dibawa ketika boncengan supaya mengetahui akselarasi ketika berjalan dan berbelok. Kaprikornus sempatkan untuk melaksanakan tahap ini supaya pemilihan motor bekas dengan tepat dan tolong-menolong sanggup anda lakukan seterbaik mungkin.
KESIMPULAN.
Sesudah anda melaksanakan seluruh tahap ini sanggup anda terapkan pada membeli motor bekas di showroom, eksklusif ke penjual, hingga dari iklan dari media umum supaya motor bekas yang anda cari berkarakter baik, sempurna, dan meminimalisir dari resiko supaya anda tidak tertipu dan terselamatkan dari kecurangan para penjual yang mungkin saja sanggup terjadi. Buat catatan lengkap dan ketika anda melaksanakan perundingan ke penjual motor bekas ini sebutkan belum sempurnanya dari motor dengan penyampaian yang santun sehingga harga terbaik yang akan anda dapatkan sanggup terwujud. Teknik tahap ibarat ini sudah sangat umum dilakukan dan bagi yang tidak mempunyai pengetahuan sekalipun sanggup menerapkan proses formula ini supaya keinginan untuk mendapat motor bekas idaman sanggup anda wujudkan segera tanpa ada kendala sama sekali. Semoga bermanfaa dan selamat hunting motor bekas berkarakter dan dijauhkan dari penipuan dari penjual yang harus diminimalisir sedini mungkin.
Tag: tips membeli motor bekas di showroom, tips membeli motor bekas aman, tips membeli motor bekas matic, cara menentukan motor bekas berkarakter, cara membeli motor bekas supaya tidak tertipu, tips membeli motor mio bekas, cara mengecek mesin motor matic bekas, tips membeli motor matik bekas injeksi.