-->

8 Gua Terindah Di Yogyakarta

Label

Wednesday 6 February 2019

8 Gua Terindah Di Yogyakarta

8 Gua Terindah Di Yogyakarta  


 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

ReyGinaWisata - Yogyakarta banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi. Selain Wisata Alam Yogyakarta yang mempesona serta Wisata Budaya Yogyakarta yang berguaka ragam, Yogyakarta juga mempunyai Delapan Gua Terindah yang wajib untuk Anda kunjungi. Selain untuk menikmati keindahannya, di gua-gua ini juga siap menantang adrenalin Anda.  Salah satunya yaitu Gua Jomblang yang disebut-sebut sebagai Surga Tersembunyi dibawah bumi Yogyakarta serta Gua Pindul yang sangat mempesona. 

Berikut 8 Gua Terindah Di Yogyakarta yang sangat terkenal dikalangan para wisatawan yang wajib Anda kunjungi alasannya yaitu keindahannya yang bagaikan nirwana tersembunyi, indah dan sangat menakjubkan.

1. Gua Jomblang

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Gua Jomblang ialah salah satu Gua Terindah Di Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi. Gua vertikal bertipe collapse dolline terbentuk akhir proses geologi amblasnya tanah beserta vegetasi yang ada diatasnya  ke dasar bumi yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu. Gua yang terletak di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta ialah salah satu Wisata Andalan Yogyakarta yang wajib Anda kunjungi.

Saat ini Gua Jomblang ialah kawasan konservasi tumbuhan purba dan dikembangkan menjadi kawasan wisata minat khusus. Sinar matahari yang masuk kedalam gua setinggi 90 meter ini membentuk satu tiang cahaya yang sangat indah, menyinari flowstoneyang indah dalam kedalaman gua yang petang gulita. Air yang menetes dari ketinggian juga turut mempercantik keindahan Gua Jomblang sehingga banyak wisatawan yang hadir berkunjung ke Gua Jomblang terkagum-kagum akan keindahannya ketika menyaksikan lukisan alam yang dikenal dengan istilah "Cahaya Surga"    

2. Gua Selarong

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Gua Selarong ialah gua bersejarah yang terdapat di Kabupaten Bantul atau tepatnya berada di Dukuh Kembangputihan, Kecamatan Patidakboleh. Menurut sejarah gua ini pernah di pakai oleh Pangeran Diponogoro sebagai markas untuk melaksanakan perlawanan terhadap Belanda pada tahun 1825 -1830. 

Saat ini Gua Selarong ialah salah satu Tempat Wisata Andalan Yogyakarta dengan beberapa penambahan akomodasi sebagai penunjang termasuk area perkemahan.   

3. Gua Cerme

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Gua Cerme yaitu gua peninggalan sejarah yang terletak di Dusun Srunggo, Selopamiero, Imogiri, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Gua sepanjang 1,5 kilometer ini menembus sampai ke Sendang di wilayah Panggang, Desa Ploso, Giritirto, Kabuapten Gunungkidul. Di samping Gua Cerme, Anda juga sanggup menemukan gua lain yang lebih kecil disekitarnya menyerupai Gua Dalang, Gua Ledek, Gua Badut atau Gua Kaum yang dipakai untuk bersemedi.

Gua ini termasuk gua yang panjang dan dalam. Di gua ini Anda sanggup menikmati keindahan stalagtit dan stalagmit serta adanya sungai bawah tanah dan banyaknya kelelawar di dalam gua. Lantai gua rata-rata digenangi oleh air tanah setinggi 1 sampai 1,5 meter. Gua ini juga banyak terdapat ruangan menyerupai panggung pertemuan, air zam-zam, mustuko, air suci, watu kaji, pelunguhan atau paseban, kayangan, grojogan sewu, air penguripan, gamelan, kerikil gilang, lumbung padi, gedung sekakap, kraton, panggung, gua lawa dan juga watu gantung. 

4. Gua Sriti

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Gua Sriti ialah salah satu Gua Terindah Di Yogyakarta yang terletak di Dusun Gelaran I dan berbatasan eksklusif dengan Dusun Karangmojo, Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Di gua ini ada sanggup melihat keunikan dari sebuah gua dimana batunya berwarna putih. 

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Yogyakarta, Gua Sriti sanggup menjadi alternatif buat liburan Anda. Anda akan diajak berkeliling di dalam gua dengan dipandu oleh para relawan yang sudah andal dalam bidangnya masing-masing. Anda akan diajak masuk kedalam lorong gua, menyelusuri pemikiran air sambil menikmati kerikil putih yang melekat diseluruh dinding Gua Sriti.

5. Gua Rancang Kencono

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Gua Rancang Kencono ialah salah satu Gua Terindah Di Yogyakarta. Gua ini terletak di Pedukuhan Menggoran, Jln. Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gua yang tersenbunyi di perut bumi ini memperlihatkan panorama yang sangat luar biasa. Gua Rancang Kencono mempunyai keistimewaan tersendii berupa ruangan lapang seluas 20 m X 20 m dengan ketinggian sekitar 12 meter. Ruangan ini sering dipakai untuk program sarasehan, camping dan lain-lain. Ruangan ini tidak terlalu petang alasannya yaitu sinar matahari masih sanggup masuk kedalam gua.

Gua Rancang Kencono tidak banyak mempunyai ornamen. Hanya beberapa staglatit yang menggantung di langit-langit gua. Namun hal ini justru lebih megampangkan para pengunjung gua untuk melaksanakan beberapa acara di dalam gua. 

6. Gua Kalisuci

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Menyelusuri sungai-sungai bawah tanah di dalam gua menjadi salah satu pertualangan wisata yang ditawarkan oleh Gua Kalisuci di Semanu, Gunungkidul, Yogyakarta. Dikenal dengan Cave Tubing, pertualangan di Gua Kalisuci memadukan acara caving (susur gua) dan Body Rafting.

Di Gua Kalisuci, Anda sanggup melaksanakan acara Cave Tubing dengan pemikiran sungai yang berkelok-kelok. Airnya yang biru kehijauan terlihat kontras dengan warna cokelat tanah, tebing karst serta daun-daun yang meranggas sehingga akan membuat lukisan alam yang sangat indah dan mempesona. 

Di gua ini Anda akan melaksanakan pertualangan yang sebenarnya dikala memasuki relung Gua Kalisuci dan Gua Gelatik. Saat matahari menghilang dan terganti oleh cahaya remang-remang bahkan petang, satu-satunya pencahayaan spesialuntuk dari headlamp. Di sini Anda akan menyaksikan Stalagtit diatas gua meneteskan air yang beberapa diantaranya yaitu kerikil kristal. Kelelawar yang bergantungan, ikan yang berenang di bawah kaki.

Keindahan gua dan kesegaran sungai yang menyatu dalam keheningan akan membuat diri enggan beranjak pergi. Berpeluk mesra dengan dinginnya air sungai di perut bumi dengan pemandangan yang elok dan eksotik benar-benar menjadi pertualangan yang akan terlupakan sepanjang hidup Anda.    

7. Gua Seropan


 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Keindahan Gua Seropan akan Anda dapatkan mulai dari luar gua sampai masuk kedalam perut gua. Disini Anda akan dimanjakan dengan tebing-tebing kapur yang sanggup Anda taklukan dengan tersedianya 13 jalur pemanjatan dengan aneka macam tingkat kesusahan yang ada. 

Memasuki dalam gua, Anda akan menyelusuri gua ini dengan tinggi dan rendahnya gua dengan dasar gua yang lembap dan berlumpur, Batuan Stalagmit dan Stalagtit yang terbentuk semenjak ribuan tahun menghiasi dinding gua dengan sangat indahnya. Selain itu di Gua Selarong juga terdapat sungai bawah tanah dengan debit air sekitar 750 liter / detik serta gerojokan di dalam gua dengan ketinggian 7 meter yang sanggup menghilangkan lelah Anda dan menyegarkan kembali stamina Anda.

8.  Gua Pindul

 banyak mempunyai kawasan wisata yang menarikdanunik untuk di kunjungi 8 GUA TERINDAH DI YOGYAKARTA

Gua Terindah Di Yogyakarta terakhir yaitu Gua Pindul yang terletak di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Gua ini menjadi terkenal di Yogyakarta alasannya yaitu cara menyelusuri gua yang dilakukan dengan menaiki ban pelampung diatas pemikiran sungai bawah tanah di dalam gua. Kegiatan ini dikenal dengan sebutan Cave Tubing.

melaluiataubersamaini panjang gua sekitar 350 meter dan lebar sekitar 5 meter dengan jarak antara permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter Anda akan merasa nyaman berada di sungai bawah tanah ini.

Selain terdapat sebuah sungai bawah tanah, Anda juga akan disuguhkan oleh deretan batuan stalagtit dan stalagmit yang bahkan sampai tumbuh dari atas gua ke dasar gua menyerupai pilar-pilar. Beberapa batuan karst di gua ini juga masih hidup dan meneteskan air. Selain Gua Pindul, Di sekitar gua juga terdapat beberapa gua lainnya menyerupai Gua Gelatik, Monumen Peninggalan Jenderal Soedirman serta Situs Purbakala Sokoliman.

Nah itulah 8 Gua Terindah Di Yogyakarta yang wajib Anda jelajahi jikalau berlibur ke Yogyakarta. Semoga informasi ini sanggup bermanfaa buat Kita tiruana.