-->

Makanan Khas Tradisional Libya Wajib Dicoba Sebelum Anda Pulang Ke Tanah Air

Label

Wednesday 2 January 2019

Makanan Khas Tradisional Libya Wajib Dicoba Sebelum Anda Pulang Ke Tanah Air

Makanan khas tradisional libya ini diperngaruhi di kawasan Mediteranian serta beberapa negara Afrika Utara dan Berber. Kelezatan masakan Libya ini sudah menghipnotis para traveler dunia untuk hadir mencoba kelezatannya dengan olahan materi dan bumbu yang sangat berkarakter tersaji hidangan yang diperhitungkan di masakan dunia. Daging babi sangat dihentikan di Libya sebab adanya aturan negara ini menganut prinsip syariah dan menurut aturan yang berlandaskan Islam. melaluiataubersamaini prinsip ini tentu saja masakan yang disajikan di negara Libya halal dan menjadi destinasi masakan yang bertema halal sangat direkomendasikan untuk di coba. Khusus di kepingan Libya selatan hidangan cenderung ke Arab dan Berber. 

Bahan-bahan dasar bumbu yang dipakai sangat variatif sehingga menyajikan masakan yang sangat enak dan pastinya akan membuat pengecap para traveler susah berhenti jikalau menemukan masakan yang cocok untuk disantap baik untuk sarapan pagi, makan siang, bahkan makan malam. Menggunakan daging kambing, kunyit, garam, cabe, lada hitam, daun herbal fenugreek, paprika manis, serta pasta tomat. Untuk mempersembahkan rasa yang cukup enak dan estetika masakan yaitu kentang. Memanjakan selera untuk di santap yaitu disajikannya juga lemon dan amsyar sejenis cabai. INI sekilas masakan khas Libya yang banyak mengandung rempah pastinya memanjakan selera. 



Pengelompokan masakan khas tradisional Libya ini sudah menghasilkan jenis masakan yang harus anda coba bahkan berburu masakan di sana ketika anda menginjakan kaki sudah mulai dilakukan. Berikut rekomendasi masakan yang harus anda coba pastinya masuk dalam destinasi wisata masakan di negara Libya.

#1. ASIDA.
Poto credit: en.wikipedia.org

Hidangan masakan khas dari Libya ini terbuat dari tepung gandum yang berbentuk lingkaran ditambah dengan mentega dan madu. Mirip bubur dan banyak juga ditemukan di Afrika Utara bahkan di negara Timur Tengah. Hidangan epilog atau dessert yang sangat terkenal ini juga terkenal di kalangan negara Arab. Jika anda berada di beberapa negara menyerupai Arab Saudi, Yaman, Aljazair, Tunisia, dan Libya masih simpel menemukannya dan sudah niscaya hidangan resmi di perhelatan program penting Islam menyerupai Idul Fitri dan aqiqah keluaraga. Hidangan yang sangat kaya rasa dan sering disajikan sebagai masakan pendamping yang disajikan ketika sarapan pagi.

#2. BAZIN atau BAZEEN.
Poto credit: libyanfood.blogspot.com

Hidangan roti yang dimasak dengan gandum, air, dan garam. Proses pembuatannya dimulai dari perbusan gandum ketika menciptakannya dengan proses memukul dan membentuk roti sesuai dengan ukuran dan keinginan. Sesudah dibuat makan bazin diletakan di waah semoga sejenak mengeras kemudain dipanggang dan dikukus. Proses untuk memanggangnya akan butuh minyak zaitun atau sedikit embel-embel cabai sebagai pembangkit rasa. Saat disajikan ditambah dengan saus tomat, telur, daging kambing, atau kentang.

#3. BUREEK.
Poto credit: deskgram.net

Sejenis camilan bagus kering khas dari Libya ini terbuat dari adonan yang akan dibuat menjadi kulit lumpia atau sejenis pastry. Untuk isian yang memang diubahsuaikan dengan harapan dimulai dari keju, daging, bahkan guaka sayuran. Sesudah dibuat makan Bureek siap untuk di goreng atau dipanggang. Cocok sekali camilan mengisi waktu senggang anda di Libya dan menikmati tempat wisata yang menakjubkan di negara ini.

Baca juga:

#4. COUSCOUS.
Poto credit: pinterest.com/pin/434456695276578655/

Makanan khas dari negara Libya yang berjulukan Couscous sangat enak harus anda coba dengan olahan yang hampir sama dengan negara tetangganya memiliki ciri unik tersendiri. Makanan yang sangat berbagai disajikan oleh penduduk lokal sebelum melaksanakan aktifitas ini dengan protein daging sapi dengan embel-embel ubi ditambah dengan wortel dan kacang pastinya bumbu soas tomat hararat yang pedas. Jangan pernah tinggalkan hidangan khusus dari Libya yang berjulukan couscous sat melaksanakan perjalan wisata di Libya.

#5. FILFEL CHUMA.
Poto credit: feastmagazine.com

Kalau Filfel Chuma ialah saus cabai sebagai masakan khas dari Libya yang sangat menghipnotis hidangan yang akan tersaji di meja makan. Sebagian penduduk lokal menyebutnya FilFil Mukhalal atau Filfil Makbos. Pastinya ada adonan cabai pedas dan rasa bawang putih. Untuk memperkuat rasa ditambah dengan jintan, air jeruk nipis, garam, dan lainnya sehingga menjadi lebih menggugah selera. Menggunakan masakan ini banyak dipakai pada salat, daging, ikan, telur, sayuran, dan lainnya.

#6. GHORYBAS.
Poto credit: thespruceeats.com

Hidangan butter cookies yang sangat enak ini tentu wajib anda coba ketika berada di Libya. Terbuat dari tepung terigu dan kemudian dibulatkan menjadi hidangan yang sangat digemari bahkan sangat cocok untuk mengisi waktu senggang bahkan ada jenis yang didiberikan kacang almond yang mempersembahkan krispi yang sangat enak sehingga pengecap anda tidak berhenti mengunyah setelah satu bungkus sudah habis seketika.

#7. HASSA.
Poto credit: libyanfood.blogspot.com

Sejenis hidngan sup yang sangat khas dari Libya ini berbagai pilihan di trend hirau taacuh yang terbuat dari tomat, beberapa herbal, dan untuk dikentalkan dengan tepung. Untuk versi resep tradisional dari Derna yang terletak di sebelah timur Libya. Untuk jenis variasi sangat banyak disukai dan memiliki rasa yang sangat fenomenal, yang terkenal ialah Dernawi Hassa sebab memakai materi rempah yang tentu sangat segar menyerupai kemangi, jus lemon segar, daun mint, hingga ketumbar. Makara ini lah masakan khas di Libya yang harus anda coba ketika berada disana.

#8. MAGROOD.
Poto oleh: picbon.com

Ini lah nama buah tangan khas dari negara Libya yang harus anda bawa sebagai jajanan yang akan mempersembahkan nuansa tidak sama baik ketika traveling atau sudah hingga di Indonesia. Biskuit Libya yang sangat digemari ini dan paling penting di hadirkan ketika perayaan agama Islam penting menyerupai Idul Fitri. Jika dilihat dari lokasi negara untuk jenis Makrood yang berasal dari Afrika Utara ini disajikan digoreng, tetapi di Libya justru di panggang. Jika anda santap akan merakan tekstur yang sangat lembut, ada rasanya wijen, kayu manis, palam dan pastinya buah kurma. Untuk lainnya memang tergantung dari selera apakah didiberikan lapisan yang berasa bagus menyerupai sirup. 

#9. MAHALABIA.
Poto credit: libyanfood.blogspot.com

Jenis masakan hidangan epilog atau dessert yang ada di Libya ini terbuat dari gula dan susu. Kemudian adonan adonan dimenambahkan dengan tepung jagung dan air mawar serta air bunga jeruk. Untuk hidangan ini banyak tersedia di bulan suci Ramadhan. Sajiannya menyerupai dengan puding susu yang akan dimenambahkan jenis kacang pilihan menyerupai pistachio, almond, pastinya ada aroma kayu manis. Memdiberik lezatnya didiberikan kismis atau parutan kelapa, pilihan ini optional sesuai dengan selera.

#10. MUTTON.
Poto credit: myfud.in

Hidangan yang memakai daging domba yang berumur terbaik 3 tahun ini tentu harus anda coba ketika berada di Libya. Karena tekstur daging dan warna yang direkomendasikan ini tentu memperhatikan jumlah lemak yang ada di daging tersebut ketika akan dikonsumsi. Memang sebagian traveler sebut rasanya sangat berpengaruh sekali jadi pastikan anda mencoba sedikit terlebih lampau sebelum menyantapnya. Mutton ini juga ditemukan di beberapa negara di dunia menyerupai Timur Tengah, Eropa, hinga USA. Tetapi jenis daging yang dipakai tentu tidak sama-beda menyerupai rusa, kelinci, dan lain sebagainya.

#11. RUB.
Poto credit: atraveldiary.com

Ada lagi pilihan yang sangat disukai oleh para traveler yaitu sanggup dijadikan buah tangan yaitu Rub sebagai sample sirup yang terbuat dari pasar lokal di Libya. Sebaiknya anda menentukan yang dibuat pribadi oleh penduduk lokal untuk menghindari komposisi isian yang mengandung batas minimal bahan-bahan penguat rasa yang direkomendasikan oleh otoritas kesehatan. Kalau ini bahu-membahu optional sebab cairan akan menghipnotis ketika dibawa jikalau jumlah yang lebih dari peraturan yang diputuskan ketika proses investigasi di bandara.

#12. SHAKSHOUKA.
Poto credit: sunshinedawn.com

Hidangan khas yang harus anda coba di Libya berjulukan Shakshouka yang terbuat dari materi telur, saus tomat, barang, cabai, dan juga dimenambahkan beberapa bumbu dapur lainnya jintan, cabai rawit, paprika, serta pala. Untuk penyajian memang diubahsuaikan dengan selera ada pemilihan saos tobasko hingga madu. Shakshouka dinikmati dengan roti Libya sehingga sanggup menjadi sajian masakan siang atau makan malam ketika anda menikmati suasana kota Libya yang mempesona. 

#13. SHARBA.
Poto credit: pinterest.com/pin/265571709248624769/

Hidangan sup yang sangat terkenal sekali di Libya ini menjadi masakan nasional pastinya disukai oleh penduduk lokal dan turis traveler seluruh dunia. Aroma yang sangat mengundang selera dan menjadi hidangan yang banyak dikonsumsi ketika bulan suci Ramadhan ini menjadi pilihan terbaik. Sup ini mencakupkan jenis protein yang sanggup dipilih menyerupai daging domba dan bahkan di ada mencakupkan ikan laut. Pilihan ini sanggup diubahsuaikan dengan selera sehingga rasa untuk tipe apa pun tetap enak dan memiliki keunikan tersediri.

Bahan bumbu yang dipakai memang cukup lengkap menyerupai kunyit, cabai rawit, kayu manis, dan rasa pedas sanggup diubahsuaikan dengan selera. Kepopuleran yang menjadi unik ialah daging domba muda yang pribadi dimasak tiruana bumbu pilihan sebab rasa lebuh gurih dan tentunya dimenambahkan lagi lemon, tomat, hingga daun mint kering semoga ketika disantap dengan roti pita menjadi istimewa.

#14. TAJINE.
Poto credit: https://commons.wikimedia.org

Jenis hidangan yang banyak ditemukan di Afrika Utara ini kombinasi dari sayur wortel dan zaitun hijau sangat terkenal juga di Libya. Mirip dengan hidangan di Algeria ini sangat digemari dengan rasa yang sangat menggugah selera. Rasanya cukup kaya ada rasa kayu manis, peterseli, hingga harissa sebagai mempertinggi hidangan Tajine. Pilihan isian di Libya memang ada menyerupai daging domba yang sangat banyak dibuat harus juga anda coba, proses pembuatan dimulai dari kompor biasa dan untuk membuat daging menjadi empuk dimasukan ke oven. Intinya masing-masing jenis daging yang disebutkan memiliki keunikan tersendiri ketika menyantap hidangan Tajine ini di Libya.

#15. USBAN.
Poto credit: pinterest.com/pin/521432463090982124/

Makanan khas di Libya berjulukan usban ini jenisnya sosis yangg diisi dengan beras, beberapa bumbu rempah daun, daging domba dicincang, dan lainnya. Hidangan yang banyak disantap dengan couscous ini juga disantap di program khusus juga disediakan untuk menyemarakan program tersebut. Bumbu yang dicampur di usban ialah rempah-rempah yang dipakai memang setiap penjual dengan bumbu yang membuat masakan ini lezat, pada umumnya memakai cabai rawit, lada hitam, kayu manis, kunyit, daun mint kering, peterseli, dan lainnya. Untuk mempertinggi rasa dimenambahkan daun bawang, minyak sayur, tomat, dan beras. Semua materi adonan ini dimasukan ke wadah sosis yang sudah disiapkan, dimasak didalam panggangan setelah kecoklatan makan usban sudah siap disantap.



Ini lah wisata masakan masakan khas Libya yang akan menjadi rekomendasi dan disukai oleh turis traveler dunia di ketika akan menghabiskan masa liburan di sana. Lengkapi masakan khas ini untuk mempersembahkan pesona liburan atau bahkan kiprah beberapa hari sehingga akan menjadi sejarah yang akan anda kenang sepanjang masa. Semoga bermanfaa, jikalau bermanfaa anda sanggup sampaikan share kepada rekan atau keluarga yang akan berkunjung ke Libya.