-->

Cara Lengkap Ke Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat: Mulai Dari Memakai Transportasi Publik Hingga Proses Check In Hingga Ke Ruang Tunggu Pesawat Udara

Label

Friday 4 January 2019

Cara Lengkap Ke Bandara Internasional Minangkabau Padang Pariaman Sumatera Barat: Mulai Dari Memakai Transportasi Publik Hingga Proses Check In Hingga Ke Ruang Tunggu Pesawat Udara

Sebagai kawasan wisata yang sangat terkenal tentu berbagai turis bahkan penduduk lokal sekalipun inginmengetahui cara lengkap ke Bandara Internasional {BIM} Padang Pariaman Sumatera Barat mulai dari memakai transportasi publik khusus hingga proses check ini di konter pesawat hingga ke ruang tunggu pesawat udara. Informasi ini menurut pengalaman team kami sendiri yang sudah mencicipi liburan di Sumatera Barat yang sangat manis ini dan hampir tiruana destinasi wisata yang ada sangat luar biasa indahnya, dimulai dari wisata sejarah, wisata laut pulau, wisata mendaki pegunungan, wisata alam, hingga pagelaran program tahunan Tour de Singkarak sudah membuat menggila untuk selalu hadir ke provinsi di pantai barat pulau Sumatera Ini.

Jika anda pemula hadir ke Sumatera Barat tentu saja butuh warta lengkap ini biar tiruana tahap cara untuk hingga ke BIM tepat waktu dan pastinya memakai transportasi publik bukan taksi sehingga budget perjalanan anda menjadi lebih terjangkau dan hemat. Semoga artikel goresan pena ini sanggup menjadi panduan anda setelah tamat berlibur di Ranah Minang.

#1. Dari Padang.
Khusus anda yang sudah berdomisili di kota Padang tentu menjadi lokasi yang paling terbaik memulai perjalanan ini. Apalagi turis menyerupai anda yang sudah menentukan berguaka ragam jenis tipe hotel dimulai dari backpacker melati hingga berbintang. Apapun ini anda ada beberapa tahap yang sanggup anda pilih untuk hingga ke BIM dengan lengkap, sebagai diberikut:

==> Menggunakan Bus Damri.
Saat kini ini anda sanggup menentukan bus Damri untuk hingga ke Bandara BIM, lokasinya di sekitar Lapangan Imam Bonjol erat dengan Gedung Telkom Lama. Ciri khas gedung ini yaitu berwarna yang sangat ngejreng, nah lokasi bus Damri ini bersebelangan dengan gedung ini dan Lapangan Imam Bonjol. Untuk jadwal bus sudah tersedia dimulai dari Pukul 07:00 WIB hingga dengan 17:00 WIB dengan tarif kurang dari IDR25.000



==> Menggunakan Bus Trguax.
Tentu saja ada pilihan lainnya untuk hingga ke Bandara BIM yaitu jenis Bus Trguax. Lokasinya di depan pintu masuk stasiun kereta api di Simpang Haru atau erat dengan Rumah Makan Silungkang. Posisinya bus ini ngetem di pintu keluar rumah makan ini, jadi ketika anda sebelum berangkat ke bandara sanggup cicip jenis kuliner yang ada di rumah makan ini tentu mempersembahkan nuansa etnik orisinil dari Ranah Minang. Untuk persoalan harga sangat terjangkau sekali dan pastinya ada harga ada rasa sanggup anda rasakan sebelum kembali balik pulang ke lokasi masing-masing. Jadwal bus sudah tersedia dimulai dari 07:00 WIB hingga dengan 16:00 WIB dengan tarif kurang dari IDR25.000

==> Menggunakan Kereta Api Bandara BIM.
Transportasi publik gres diluncurkan tahun 2018 ini sudah mempersembahkan kenyamanan tersendiri untuk seluruh turis dan penduduk lokal yang ingin hingga ke Bandara BIM. Sangat praktis sekali menuju ke Stasiun Kereta Api Padang tepatnya di Simpang Haru dengan tepat waktu. Makara anda yang ingin mencoba menaiki kereta api ini pastikan anda mengetahui tata cara lengkap yang sudah kami ulas di artikel terpisah {baca: link}

#2. Dari Bukittinggi, Batusangkar, atau Painan.
Saya mengambil teladan kawasan ini alasannya yaitu tempat wisata paling kesukaan yang dikunjungi oleh turis. Teknik terbaik yaitu anda harus mengunakan travel dan akan diantar eksklusif ke Bandara BIM, dan tidak perlu lagi estafet memakai transportasi publik lainnya. Kenyamanan perjalanan yang harus diprioritaskan apalagi anda seorang turis yang masih terbatas untuk paham beberapa lokasi perjalanan, ya travel solusi terbaik. Untuk harga sewa dimulai dari dari IDR40.000 per orang hingga diantar ke Bandara BIM menjadi lebih cepat sampai.

Poto credit: kebudayaan.kemdikbud.go.id

Sesudah hingga di Bandara BIM tentu anda sudah menuju ke pintu keberangkatan pesawat udara. Pastikan anda sudah mempersiapkan e-tiket yang sudah ada di handphone smartphone segera lapor ke petugas yang menilik setiap penumpang masuk beserta KTP atau ID yang berlaku lainnya. Saat masuk anda harus memasukan seluruh barang bawaan anda untuk dilakukan scanning atau screening di mesin yang sudah disiapkan oleh pengelola bandara. Tas, ikat pinggang, gadget, elektronik, dan lain sebagainya harus masuk dalam pemeriksaan. Khusus untuk barang bawaan ukuran kecil ini sanggup masukan ke wadah kontainer kecil yang sudah disiapkan supaya lebih rapi dan tidak berceceran.

Semua barang sudah diperiksa dan pastinya anda akan mengambilnya kembali, saatnya menuju ke konter petugas check ini yang sudah tersedia di depan anda. Pastikan nama airline yang anda tumpangi sudah terlihat di monitor layar dan pastinya proses check in sudah sanggup dimulai. Anda tidak sendirian ketika proses check ini dan harus antri, walaupun anda sudah melaksanakan self check ini melalui website anda tetap juga melapor ke petugas untuk mendapat boarding pass dan tempat duduk penumpang. 

Jika anda membawa barang masuk bagase pesawat pastikan berat yang didiberikan gratis setiap airline tidak sama-beda. Khusus untuk dalam negeri anda mendapat gratis bagase dimulai dari 20kg, dan maskapai penerbangan luar negeri LCC luar negeri harus berbayar untuk 20kg ini. Barang yang diperbolehkan masuk ke kabin pemumpang pesawat spesialuntuk 7kg saja, jadi pastikan anda harus memperhatikan regulasi ini biar tidak terjadi kesalahpahaman antara penumpang dan petugas.

Semua proses di konter check in sudah tamat saatnya anda menaiki eskalator menuju lantai dua ke ruang tunggu penumpang. Proses screening barang yang kedua sudah dimulai, dan tiruana barang yang dibawa juga harus masuk ke dalam mesin menyerupai investigasi pertama kali. Anda harus mengambarkan boarding pass dan KTP atau ID yang berlaku kepada petugas, setelah tiruana tamat tepat anda dipersilahkan memasuki ruang tunggu pesawat. Saat menunggu ada beberapa kemudahan yang sudah disiapkan oleh pengelola bandara yaitu toilet, mushola, charger baterai handphone, dan beberapa spot tempat makan disaat anda membutuhkan. 

Jika jadwal pesawat anda sudah mulai erat maka petugas akan menginformasikan kepada seluruh penumpang termasuk anda untuk segera berkemas-kemas memasuki pesawat. Pengumuman ini tentu harus anda perhatikan alasannya yaitu petugas akan menilik kembali boarding pass dan KTP atau ID yang berlaku di pintu yang sudah diputuskan dan harus antri. Pastikan seluruh barang bawaan anda sudah bersama dengan anda dan mengikuti arahan dari petugas dimana lokasi pesawat anda parkir. Sesudah hingga di dalam pesawat anda harus duduk di nomer dingklik yang sudah diputuskan tertera di boarding pass.