-->

5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman

Label

Friday 5 October 2018

5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman

 Fakta Unik Seputar Jendral Soedirman infindonesia 5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman

Jenderal Besar Raden Soedirman (Sudirman) ialah seorang perwira tiggi pada masa revolusi Indonesia. Jenderal Soedirman yakni Panglima Besar pertama di Indonesia.

Jenderal Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 di Purbalingga, Hindia Belanda (sekarang Indonesia)

Kali ini saya akan mengulas terkena beberapa fakta unik seputar Jendral Soedirman, apa sajakah itu?

#1  Patung Jenderal Soedirman di Jepang

Nampaknya masyarakat jepang sangat menghormati satria Indonesia yang satu ini, mengingat patung tersebut ialah satu-satunya patung satria negara gila yang dipajang di Jepang.

 Fakta Unik Seputar Jendral Soedirman infindonesia 5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman8 Fakta Unik tentang Soekarno yang Wajib Kalian Ketahui

#2  Ini 3 Jimat Jenderal Soedirman dikala Perang Gerilya

Gatot Nurmantyo sang Jenral Tentara Nasional Indonesia mengungkapkan bahwa Jenral Besar Soedirman mempunyai 3 jimat yang membawanya kepada kemenangan melawan penjajah, jimat-jimat tersebut bukanlah cincin, kalung, koin, atau semacamnya tetapi 3 jimat Jenral Soedirman adalah...

  • Mempertahankan wudhunya
Jendral Soedirman selalu berwudhu sebelum berangkat perang. Beliau selalu dalam keadaan suci dikala memimpin perang geriluya, disaat wudhunya batal ia pribadi mengambil air wudhu kembali memakai kendi meliputi air yang selalu ia bawa.
  • Shalat sempurna waktu
Selain mempertahankan wudhunya, Jendral Soedirman juga selalu shalat sempurna waktu, apapun yang ia lakukan akan ia tinggalkan dikala waktu shalat tiba. Sungguh jago bukan, mengingat waktu itu sedang dalam peperangan.
  • Niat Tulus dan Ikhlas
Jendral Soedirman mempunyai niat nrimo dalam menjalani pertempuran demi kepentingan rakyat Indonesia. Hal ini dibuktikan oleh semangatnya, meski dalam keadaan sakit parah, ia masih mengabdikan diri untuk Indonesia.

#Respect


#3  Jenderal Soedirman Memimpin Perang Gerilya Hanya dengan 1 Paru-paru

 Fakta Unik Seputar Jendral Soedirman infindonesia 5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman

Jendral Soedirman terserang penyakit tuberkulosis parah, yang menyebkan ia kehilangan 1 paru-parunya. 

Walaupun dengan 1 paru-paru Jendral Sudirman tetap memimpin perang gerilya dan menyusun taktik meskipun ia harus ditandu.

Akibat penyakit TBC yang dideritanya Jendral Soedirman wafat pada 29 Januari 1950 atau spesialuntuk satu bulan setelah Belanda mengakui kemerdekaan Republik Indonesia di KMB (Konferensi Meja Bundar).



#4  [Rujung yang Sulit Dipecahkan] Jenderal Soedirman Menjadi Panglima Besar Pada Usia 29 Tahun 


Jendral Soedirman lahir pada tanggal 24 Januari 1916 dan sudah diangkat menjadi panglima besar TKR pada tanggal 18 Desember 1945. Yang artinya Jendral Soedirman sudah diangkat menjadi panglima besar pada usia 29 tahun.

Jendral Sudirman yakni panglima besar pertama dan termuda dalam sejarah usaha Republik Indonesia.

Saya rasa, ini ialah rujung yang sangat susah ditandingi oleh Jendral manapun di Indonesia.


#5  Wajah Jenderal Soedirman, Merupakan Wajah yang Paling Sering Muncul Kedua dalam Uang Rupiah

 Fakta Unik Seputar Jendral Soedirman infindonesia 5 Fakta Unik Seputar Jenderal Soedirman
Di ambil dari kataloguangkuno.blogspot.com
Sampai dikala ini ada sekitar 11 jenis uang rupiah bergambar Jendral Soedirman, tiruana uang tersebut dicetak pada tahun 1964.

Uang bergambar Soedirman tersebut masing-masing bernominal Rp1, Rp2,5, Rp5, Rp10, Rp25, Rp50, Rp100, Rp500, Rp1.000, Rp5.000, dan Rp10.000.

Artikel terkait : 9 Fakta Unik Mengenai Uang Rupiah

Hal ini menimbulkan Jendral Soedirman menjadi wajah yang paling banyak dicetak di uang  rupiah kedua setelah Ir.Soekarno dengan 15 jenis uang rupiah. 


Sudah seharusnya kita besar hati mempunyai satria ibarat Jendral Soedirman, yang bahkan lebih mempedulikan bangsa dan negaranya dibanding kesehatannya sendiri.




Suka dengan artikel di atas, gak ada salahnya untuk menge-share artikel ini :)