-->

KULINER KHAS JOGJA YANG PATUT ANDA COBA

Label

Thursday 18 February 2016

KULINER KHAS JOGJA YANG PATUT ANDA COBA


Makanan khas jogjakarta yang waib  dicoba

jogjakarta adalah kota yang menyajikan berbagai macam budaya wisata dan banyak terdapat peninggalan bersejarah, soal wisata jogja tak pernah ada  habisnya banyak wisatawan lokal maupun asing yang setiap harinya berdatangan di jogja. Selain itu jogja juga menyimpan banyak sekali makanan khas,salah satunya adalah gudek jogja dan banyak lagi.

1.Gudek



Gudek merupakan makan khas jogja yang terbuat dari nangka muda yang  dimasak dengan santan ,biasanya  gudek jogja disajikan pada saat makan malam, ada 3 jenis gudek yaitu gudek basah,gudek kering  dan gudek manggar .gudek basah adalah gudek yang disajikan dengan kuah santan nyemek nyemek.yang kedua gudek kering ini dimasak dalam waktu yang lama dibandingkan jenis gudek lainya karena menunggu hingga kuahnya mengering dan warnanya lebih kecoklatan dan rasanya manis.yang ketiga gudek manggar, gudek manggar terbuat dari bunga kelapa namun sudah sangat sulit sekarang mencari gudek manggar. Sebagai pelengkap gudek dimakan dengan nasi dan lauknya bermacam macam ada ayam kampung,telur,tahu dan sambal goreng krecek.

2. Sate  klatak 

dari segi presentasi tidak jauh beda dengan sate sate pada umumnya teteapi ada yang unik dari sate klatak ini yakni tusuk satenya bukan dari bambu tetapi dari jeruji besi sepeda ,jeruji besi ini menjadi penghantar panas yang baik sehingga daging  sate kambing bisa matang merata sampai kedalam.Dari bumbu juga berbeda sate klatak hanya menggunakan garam dengan sedikit ketumbar. Selain itu disajikan dengan kuah gulai kambing yang menambah nikmat cita rasa sate klatak,