-->

Nusakambangan, Pulau Penjara Paling Indah Di Dunia

Label

Tuesday 4 December 2018

Nusakambangan, Pulau Penjara Paling Indah Di Dunia

ReyGina Wisata | Pernahkah Anda membayangkan untuk pergi berlibur ke Pulau Nusa kambangan ialah Alcatraz nya Indonesia? Pulau Nusakambangan ialah tempatnya penjara bagi para penjahat terkenal, tahanan politik, pedagang obat bius, teroris dan mereka yang di aturan dalam perkara korupsi tingkat tinggi. 

 Pantai Permisan

Terletak di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, Nusakambangan ialah sebuah pulau yang dikenal sebagai Lembaga Permasyarakatan (Lapas) berkeamanan tinggi di Indonesia.Namun selain sebagai kawasan para tahanan tingkat tinggi dipenjarakan, Pulau Nusakambangan semenjak tahun 1996 dibuka sebagai pulau tujuan wisata. 



Pulau ini mempunyai keindahan satwa liar alami yang sangat memukau. Nusakambangan yang berarti "Pulau Bunga" ialah kawasan pinjaman Bunga Wijayakusuma (epiphyllum oxypetalum) yang anggun dan anggun. Bunga Wijayakusuma ialah bunga yang harum dan unik sebab spesialuntuk mekar sekali dalam setahun dalam kurun waktu beberapa menit di malam hari sebelum kelopaknya mulai turun.

 Pernahkah Anda membayangkan untuk pergi berlibur ke  NUSAKAMBANGAN, PULAU PENJARA PALING INDAH DI DUNIA
Pantai Ranca Babakan

Pohon langka lainnya yang sanggup Anda temukan di Pulau Nusakambangan ialah Kayu Plahlar (Depterocarpus litoralis). Tetapi akungnya pohon ini sering di curi untuk dikeringkan sebab kualitasnya yang tidak jauh tidak sama dengan Kayu Meranti Borneo. Selain itu di pulau ini banyak terdapat binatang langka yang hidup dibawah hutannya yang lebat.

Seperti Anda ketahui bahwa Pulau Nusakambangan terdiri dari dua wilayah yaitu pecahan barat dan pecahan timur. Bagian barat ialah kawasan sebagian besar penjara berada. Namun demikian kawasan ini juga mempunyai pantai indah yang menakjubkan menyerupai Pantai Permisan  dengan pasir putihnya yang indah berkilau. Selain Pantai Permisan, Anda juga akan disambut dengan panorama indah Pantai Ranca Babakan, Pantai berpasir putih yang megah dengan beberapa gua alami disekitarnya.


 Pernahkah Anda membayangkan untuk pergi berlibur ke  NUSAKAMBANGAN, PULAU PENJARA PALING INDAH DI DUNIA
Pantai Teluk Penyu

Sementara pada pecahan timur Pulau Nusakambangan, Pantai Teluk Penyu dan Pantai Karang Tengah, Pantai Karang Pandan dan Pantai Karang Bandung siap memanjakan liburan Anda dengan air lautnya yang jernih serta hamparan pasir putihnya yanng membersihkan dan lembut. Di pantai-pantai ini Anda sanggup melaksanakan acara berenang, berjemur matahari, snorkeling, diving atau bersantai menunggu fajar di pagi hari untuk menikmati panorama sunrise.

 Pernahkah Anda membayangkan untuk pergi berlibur ke  NUSAKAMBANGAN, PULAU PENJARA PALING INDAH DI DUNIA
Pantai Karang Pandan

Selain mempunyai pantai-pantai anggun mempesona, pecahan timur Pulau Nusakambangan lebih praktis untuk di akses. Anda sanggup pergi ke Pantai Teluk Penyu dengan beberapa penduduk setempat akan mengatakan Anda perjalanan dengan bahtera melintasi saluran yang sempit. Ketika Anda final menjelajahi pulau, Mereka akan hadir menjemput Anda dengan acara yang sudah disahkan untuk membawa Anda kembali ke Pantai Teluk Penyu.


Selain sanggup menikmati keindahan pantai-pantai Pulau Nusakambangan, .Anda juga sanggup menjelajahi sisa-sisa benteng bekas penjajahan Belanda dengan banyak misteri di dalamnya. Jika Anda sedang beruntung, Anda juga sanggup menyaksikan beberapa program budaya yang menarikdanunik menyerupai sedekah maritim atau persembahan maritim yang diselenggarakan pada setiap tanggal 1 Suro dalam kalender Jawa setiap tahunnya.

Akses Menuju Pulau Nusakambangan

Pulau Nusakambangan dipisahkan oleh Pulau Jawa dengan Selat Segara Anakan. Untuk mencapai pulau ini Anda harus terlebih lampau hingga ke Kota Cilacap, Provinsi Jawa Tengah melalui Bandara Tunggul Wulung yang berjarak sekitar 9 kilometer dari sentra kota Cilacap. Selanjutnya perjalanan dilanjutkan dengan memakai kapal feri melalui Pelabuhan Loh Manis menuju Pelabuhan Sodong di Pulau Nusa Kambangan.  


Semua wisatawan harus diatur oleh biro perjalanan dan didampingi oleh petugas keamanan hingga terbaik 6 malam tanpa menginap semalam. Untuk fasilitas sebaiknya Anda memesan di Kota Cilacap. Anda juga memerlukan izin khusus dari kantor Polisi setempat untuk memasuki Pulau Nusakambangan.